DOKTER MUDA itu MULTI PROFESI

Jangan kuatir para DM (dokter muda) tentang masa depan anda… walaupun pada akhirnya gagal jadi dokter. Masih banyak profesi lain yang siap anda terjuni. Toh, kita sudah terlatih saat jadi DM….

1. Tukang Ronda Jaga Malam
Profesi ini sudah tentu cocok buat para DM. ngeronda jaga pasien sudah biasa ditekuni. Dan sebagaimana lazimnya tukang ronda, biasanya kerjaannya ngelindur juga. Tahu-tahu pasien besoknya sudah meninggal.
2. Wartawan
Keterampilan wawancara sudah terlatih betul saat menganamnesa pasien baru. Jadi nggak ada salahnya, bila profesi ini yang jadi pilihan anda.

3. Sekretaris
Tukang catat. Mulai dari mencatat di status putih dokter muda, menyalin ke status pasien, menyalin lagi ke buku laporan jaga. Menulis buku kematian, menulisi advis dokter dan lain-lain. Profesi sekretaris ini boleh juga dicoba dilamar.

4. Tukang daging
Di bedah atau di forensik kan sudah biasa motong-motong daging yah…

5. Reporter TV
Selamat pagi dokter, kami melaporkan pasien ini dengan keluhan ini, pada pemeriksaan fisik ditemukan ini hasil laboratorium begini……
demikian reporter dan juru kamera melaporkan dari tempat kejadian.

6. Operator telepon
Sebentar-sebentar nelepon, sebentar-sebentar sms…

7. Tukang ketik
Jadi DM, musti handal keterampilan mengetiknya. Setumpuk tugas, laporan kasus, referat, belum lagi kalo pak dokter minta tolong….. ”dek ko-ass, tolong ketikin punya saya juga yah…..” Jawaban standar ko-ass: ”Injih, dok….”

8. Pengarang Fiksi Ilmiah
Pas visite atau laporan pagi. ”Jelaskan mengenai pasien ini” sergah sang dokter. Maka mulailah keterampilan mengarang fiksi DM diperlukan. Pasien A umur sekian BB sekian Keluhan utama bla bla bla bla tanda vital bla bla bla bla fisik bla bla bla bla…. diagnosis bla bla bla bla …. Terapi bla bla bla bla
Fiksi….. tapi kan ilmiah!!… hehehe…

9. Kuli angkut
Parahnya, kadang-kadang DM juga mesti kerja ngangkut-ngangkut tabung oksigen segala. Jadi, kalaupun lowongan kerja yang tersedia tinggal kuli angkut, setidaknya DM sudah berpengalaman

10. Tukang jahit
Walau gak rapi-rapi amat. Di bedah kan sudah terbiasa jahit-jahit

11. Ahli pijat
Pijat jantung! RJP.

12. Matematikawan
Kalau sekedar ngitung kalian pembagian nambah atau ngurang mah sudah lihai atuh. Kan biasa ngitung buat dosis. Jadi boleh saja coba-coba lamar sebagai matematikawan

13. Racer
Jam 7 laporan pagi. Jam 6.50 baru bangun ngelindur abis shalat subuh! Waaa….!!!! tanpa mandi langsung pakai jas putih nyalakan mesin… ngeeennnggggg…….. ngeengggngg…

14. Pemain Sandiwara
DM bisa pura-pura tertawa bila mendengar sang dokter cerita yang padahal gak lucu sekedar untuk menyenangkan dokter. DM biasa pasang muka tak berdosa. DM ahlinya pasang muka meyakinkan. DM pasang muka sedih dengar cerita pasien. DM pasang tampang pintar padahal aslinya bloon. DM pura-pura rajin bila ada supervisor…… singkatnya, DM adalah aktor serba bisa!

15. Pelayan
“Ada yang bisa saya bantu, dok?” ucap DM sopan seraya tersenyum ramah.

16. Pemulung
Ada botol infus sisa! Sikaaatt… ada spuit sisa! Sikaaatt… ada cefotaxim gak kepakai….. sikaattt….

17. Penerjemah
Referat Lapsus menuntut bahan bacaan berbahasa inggris… ihik, meranalah orang seperti saya yang parah bahasa inggrisnya.

18. Blogger
Bila semua lowongan sudah terisi penuh…. setidaknya profesi ini toh masih bisa dilakoni ya….. hehehe…
Keep fight…… don’t give up!

(DM Fauzan, di sela-sela rest di bagian anak)

31 Komentar

  1. aswrb. ternyata banyak juga yah profesi alternatif kedokteran… gimana dengan dokter ideologist ada gak kira-kira yah????

  2. wakaka, mantap ka fauzan, asal jangan jadi caleg aja

    • jadi caleg mah dokter jago…..
      kan di atas udah di terangin kalo dokter itu jago jadi pemain sandiwara hahaha

      • ya ya ya…. cukup banyak kok yang jadi

  3. intersting information…
    i think i should beware about clerkship behaviour during clinical rotation in pharmacy…. hahaha

  4. hahaha lucu banget. kadang aku juga mikir, kita ini bisa jadi apa aja lo. Tambahan:
    19. guru or dosen (penyuluhan)
    20. pemain sinetron
    21. TKW (mirip2 aja deritanya)

  5. kurang satu zan..
    tukang fotokopian atawa penjilidan
    aku bisa menjilid 5 referat punya kawanku sekelompok sehari

    atau tukang jual benang2 pasien??

    • Dan masih banyak tukang-tukang yang lainnya….. hehehe…. eh, kita ini calon dokter atau calon tukang ya?

  6. hahaha.. lucu-lucu..

    koass = kumpulan org2 serba salah

    • DM = DiMarahi
      = DiMaki
      = DiMuari
      = DiMamai
      = DiMauki

      • mantapzzz.. hahaha

  7. mungkin yang paling membanggakan,yang bikin aku terharu[jujur 100%] jadi guru ngaji pasien……………………

  8. Haha..klw DM FM g jd dkter,mw jd ap?…tkg ap?

  9. Lha dulu, waktu kalian masih SMA kelas 3 pas bingung mo milih kuliah jurusan apa, memutuskan kuliah di kedokteran motivasinya apa?
    1. Bercita-cita mulia seperti Dr. Wahidin, Dr. Sunyatsen yang intinya mengabdikan diri untuk membantu kaum yang lemah, rakyat jelata yang terus aja sakit karena kesengsaraan yang diterimanya.
    2. Pingin dapat calon istri anaknya orang kaya.
    3. Karena Dokter menjamin bisa buat kalian jadi cepet kaya.
    4. Dipaksa orang tua karena orang tua kalian emang dokter semua.
    5. Gengsi ama temen-temen se angkatan karena kalian keliatan pinter trus harus masuk kuliah kedokteran, setelah kuliah hampir selesai merasa nyesel.

    Yang mana?

    Dulu waktu kuliah di Bandung. Pada suatu malam aku dikejutkan oleh suara gedoran pintu kamar kosku. Anak pak kos yang cewek itu nangis didepan pintu kamarku, minta tolong aku pinjam motor. lalu dia cerita, dia mo ke rumah pak ustadz. lho… kok mau kerumah pak ustadz pakai nangis gitu?

    Dia cerita, sepupunya yang rumahnya sebelah kos ku itu sedang sekarat, jantungnya gak berdetak, nafasnya gak ada.

    lho lho lho…? kok ada orang sekarat bukannya dibawa ke rumah sakit, kok malah pinjam motor mo ke pak ustadz?

    dia bilang, keluarganya gak ada uang buat bayar rumah sakit dan dokter. kalau ke rumah sakit harus bayar dulu……..

    SETAN!! JANCUK!!! batin ku…
    Aku paksain dia dibawa ke RS aku yang talangin dulu uangnya…. tetep gak mau mereka.

    Trus panggil ustadz buat apa?

    Katanya buat baca yasin… kalau sembuh ya syukur kalau nggak ya segera di matikan saja dia dari pada sering sakit-sakitan…

    Mak…..!!! padahal yang sakit itu baru kelas 3 SMP….!!

    aku gak bisa berbuat apa2 karena sekeluarga udah pada nangis dan gak mau ngikutin saranku buat bawa dia ke RS. dan akhirnya malam itu yasinan…. merinding jadinya semalaman.

    Aku gak tahu waktu itu, semahal apa sih ke Dokter… semahal apakah ke RS.

    Suatu ketika, telingaku sakit, bengkak karena kecelakaan di laboratorium praktikum. aku langsung ke dokter. di Klinik Kimia Farma deket kampus, maklum kampusku kampus ndeso gak ada klinik.

    Dokter ngasih resep dan nyuruh aku tebus dan bayar segala pengobatan di kasir di apotik kimiafarma.

    Berapa mas?
    “137.000”
    Busyet…. mahal amirrrr…. uang saku aku sebulan aja cuma 300 ribu. waktu itu uangku tinggal 150 ribu.
    ok deh mas, bisa minta separo dulu nggak obatnya, jadinya berapa?
    “semua 112.000”
    Makkkkk!!! aku pikir bisa kurang jadi 50 ribu ato berapa, kupikir obatnya yang mahal. ternyata obatnya cuma 50 ribuan. bayar dokter dll sekitar 80 ribu….

    Sejak saat itu aku tahu, kenapa kejadian malam itu bisa terjadi, kenapa mereka milih baca yasin daripada ke rumah sakit.

    So plis sodara-sodara dokter yang mulia….
    Muliakan hati sodara-sodara dengan membantu sesama, I rely on you all.

    • thanks atas masukannya. Di dunia ini insya Allah masih ada segelintir dokter yang teguh di jalan mulia. Doakan doktermuda liar kelak saat menjadi dokter bisa teguh dalam idealisme.

  10. Oh ya…
    Tetanggaku ada dokter tua cina. dia kalau didatangi oleh pasien yang keliahatan gak kaya pasti menggeratiskan.

    ada suatu ketika seorang pasien yang tampangnya tani utun bertanya pada pak dokter itu:
    “bayarnya berapak pak Dokter?”

    Dijawab ama dokter itu:
    “Koe wis sugih po kok wani – wanimen meh mbayar aku?, wis rasah mbayar wae yen rung sugih!. Yen lara mrenea meneh yen wis sugih bayaren aku”.

    /// kamu udah kaya apa? kok berani beraninya mau bayar aku? udah gak usah bayar kalau belum kaya. kalau sakit keinilah lagi, kalau udah kaya bayarlah aku.///

    Jadi, dia hanya meminta bayaran kepada orang2 kaya saja, rakyat jelata: petani tukang becak dll dilayani sama baiknya dengan pasien yang kaya, cuma dia gak minta dibayar oleh pasien macam mereka.

    Bisakah kalian seperti itu?

    Semoa bisa. aku doakan.

    • Amiiin….. di tempat saya juga kayaknya ada dokter yang kaya gitu. Di samping banyak juga yang materialistis. But, pernah dengar gak mas, kalo dalam sistem islam yang saya pelajari… yang namanya berobat itu harusnya digratiskan. gak usah bayar mahal kayak sekarang… semuanya sudah ditanggung oleh negara….

  11. assalamu’alaikum
    berani kah dokter mnerapkan sistem itu????
    walaupun negara gak menanggung….???????????????????????????????????

    • berat bos…..
      gak sesimpel itu……yang penting mulai dari diri kita sendiri dulu. bagusnya sih pake sistem subsidi silang, biaya berobat orang kaya, digunakan untuk membantu yg miskin. itu sih yg gue terapin di praktek. kayaknya rumah sakit2 juga pake sistem itu…

      • gak sesimpel itu…. tapi bukan berarti gak mungkin

  12. msh byk lg…

  13. hanna likes this

  14. *terharu dengan ceritanya semua..
    Inspiratif

  15. 😆

    sumpah, iya banget!!!
    tambah lagi dong, jadi baby sitter, kalo lagi jaga PICU, bikinin susu tiap jam, ganti popok, bersiin ee’.

    • hehehe… koass mana? perasaan di sini gak disuruh bikinin susu..

  16. yups bner banget… bisa jadi profesi:
    1. Supir : kalo2 konsulennya mau ngjar ke kampus, makan, atau ada kegiatan pasti hubungi kita tuk mengantarnya… bruum…brum… (pengalamn pribadi seseorang)
    2. Tukang pos: kalo ada surat konsul atau surat dari SMF harus mengirimin ke bagian lain, yupz.. siap mengantarkan langsung ke tempat…
    3. Operator: kadang2 tukang entry data pasien ke komputer…
    4. Seniman: membalut bandage dngan rapi… GP..GP..GP…
    dll dech.. ^^
    muantap tapi kan…hehehe

  17. Hahaha, jd mrinding skaligus excited mnanti kputusan tanggal berapa sy bisa mjalani koas. Btw, keep inspiring Bro!!!

  18. Mas, izin copy paste ke facebook yaa… lucuuu.. 😀

    • silakan

  19. wkwkwkw….. mantap.
    i like it

  20. KOASS
    Kumpulan
    OrAng-orAng
    Serba
    Salah
    hahaaaa…


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s