SENJATA-SENJATA KO-ASS

Berikut senjata-senjata ampuh utama yang digunakan kaum ko-ass. Setiap stase punya senjata masing-masing. Untuk para ko-ass atau calon ko-ass, silakan mengenali senjata-senjata ini sebelum anda terjun ke kancah pertempuran.

Stase Penyakit Dalam

Stetoskop, sfigmo, termometer, dan arloji. 4 buah senjata ini kudu dimiliki. Kayanya keempatnya sama-sama pentingnya.

Stase Jantung

Stetoskop. Kayaknya di sini yang paling penting justru stetoskop. Yang lain biasanya sebagai pelengkap saja.

Stase Jiwa

Senjata utama anda adalah…… komunikasi! Ga bawa sfigmo, ga bawa stetoskop, ga bawa termometer, ga papa. Yang penting anda lancar bicara. Pandai merangkai kata-kata dan sabar menghadapi kelakuan pasien gangguan jiwa.

Stase Saraf

Palu refleks menduduki peringkat utama senjata di sini. Tuk tuk tuk…

Stase kulit kelamin

Mata! Di sini yang penting ternyata adalah kejelian mata kita dalam melihat UKK pasien.

Stase anak

Awalnya saya mengira senjata utama di sini adalah termometer. Karena kayaknya penting banget mendeteksi suhu pasien anak. Namun ternyata setelah menjalani lima minggu stase di bagian anak, akhirnya saya menemukan…. bahwa senjata yang paling utama dan paling berharga di stase ini justru adalah …PULPEN!!

Disini ternyata waktu kita sebagian besar terbuang cuma untuk menulis hal-hal yang sebenarnya gak terlalu penting!!

Suhu, nadi, heart rate, respirasi, anamnesa semuanya bisa ngarang. Terbukti…. bahkan saat saya follow up pasien gak bawa apa-apa juga masih bisa-bisa aja. Temp saya rusak, stetoskop ketinggalan, arloji malas bawa….. semuanya it’s OK. But… ketinggalan pulpen? Alamaaak…

NB: karena penulis baru sampai di siklus anak, maka pembahasan senjata-senjata terbatas sampai di siklus anak saja. Bagi yang sudah lewat stase lain. Tolong tambahin dong….

Iklan

17 Komentar

  1. MATA
    Sekarang eke lagi stase di mata. Kalau jaga, senjata wajib adalah LAPTOP+VCD/DVD+SPRITE ZERO

    Gak ada kerjaan banget tau disini
    (lagi jaga)

  2. waktu aku stase di Anak..aku modalnya cuma karbon, fotocopy status anak sebanyak2 nya DAN kekuatan nulis

    ..sblm aku koass di anak, 50 lebih status anak kosong yang udah kuisi per itemnya dengan kata-kata.. ‘DALAM BATAS NORMA L atau tak ada kelainan….tapi kukosongkan anamnesanya..itu kutulis seminggu sblm aku masuk anak..

    jadi biar pasien byk pun ttp santai..tinggal tip ex mana 2 organ yang mengalami kelainan..n status pun selesai..biarpun satu status 9 lembar sekalipun…

    simpel kan??
    slalu ada jalan untuk menjadi cepat..

    • wahahaha… tipsnya terlambat. sudah masuk minggu ke tujuh nah……

  3. ahh di anak aku habis 6 pulpen. satu dibawa sama budhe setelah imunisasi. lima lagi habis dengan kering kerontang. yakkkk

    • sehingga belajar dari situ…. akhirnya aku malas beli pulpen lagi…. mending minjem pulpen-pulpen orang. bayangkan, hari ini beli pulpen 2, besok hilang pulpen 2….. Pulpen di anak adalah benda keramat!

      • dia seperti nyawa para koass, gimana mo tls status kalo gak ada pulpen.. ehehehe

  4. di farmasi apa?

    • senjata farmasi…… emang kita di farmasi, koass? hehehe…. ssttt… jangan sampai tebaca buhan bos….

  5. klo waktu d stase saraf,,senjata gw palu refleks + senter..
    klo d stase anak..termo,,stetskop,,senter..
    klo d penyakit slm cuma butuh termo + stetoskop ajaa kyaknya..
    klo pulpen kayaknya senjata bwt semua stase…hehehhe.. =p

    • @galuh: di anak…. emang kerjaannya nulis aja… senjata yang lain nggak bawa juga nggak papa…. tapi nggak bawa pulpen….. bahaya!

  6. kalo senjata di kesmas n radiologi…. laptop ama dvd ato modem, nah ntar kalo dah minggu-minggu akhir baru deh sibuk presentasi ama ujian, he he he.

  7. wkwkw…jadi inget masa-masa jadi koass (kumpulan orang serba salah)..
    senjata tiap stase emang beda..dan beda juga di tiap RS.tergantung situasi (perawat,konsulen,dll).tapi sedikit pengalaman sy dulu..
    bedah:HP, pulsa, ATM yang selalu terisi..hehe,,karena konsulennya selalu minta koass jaga untuk melaporkan kondisi pasien post op tiap 6 jam by sms, dan mengirimkan laporan pasien baru selama jaga malam. sedangkan untuk laporan 1 pasien saja sudah habis 5 sms. jadi kalo malam ada 25 pasien baru, qt harus kirim minimal 125 sms. belum kirim laporan pasien post op..
    stase lain saya ga inget..
    tapi senjata paling ampuh untuk semua stase adalah jurus BRTD alias Bujuk Rayu Tipu Daya…wkwkwk

    • untung kami kebanyakan via telepon hehehe

  8. kalo stase forensik klinik, enaknya bawa apa..? laptop+modem+rantang nasi+buku2 untuk mengisi waktu kali yaa…hehehe

  9. kalo di radiologi bawa cemilan banyak-banyak,
    di anak bawa pulpen karena dalam sehari bisa berkali- kali ilang pulpen, dan gak ketemu..
    di paru siapin jari- jari tangan untuk mencet tombol HP untuk hubungi konsulen karena bisa sampe 5 layar..
    tapi yang paling penting dari semua bagian adalah siapin mental dan telinga kalo kena marah…

  10. ow.. pantesan… di stase anak senjataku hilang trus……… seminggu mampu menghilangkan 3-5 pulpen…. weleh..weleh…

  11. kalo obgyn apa teman2?


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s