NGGAK NYAMBUNG……..

Sejak pertengahan April kemarin, saya begitu tertarik dengan tulisan besar yang terpampang di baliho jalan dekat rumah: “Tunggu kehadiran sosok seorang pria 1 Mei 2009” dengan latar belakang merah menyala, di belakangnya ada bayang-bayang sosok seorang pria. Waw, pikiran saya berusaha menebak-nebak ada apa gerangan di 1 Mei 2009? Hari buruh internasional? Berarti sosok yang dimaksud adalah pejuang hak-hak buruh yang saat ini ditindas oleh konglomerasi internasional. Atau jangan-jangan sosok pendidik? Meski hari pendidikan jatuhnya di 2 Mei, namun tak menutup kemungkinan bila pada 1 Mei hadir kembali sesosok pria yang berani menerjunkan dirinya membangkitkan kembali keterpurukan pendidikan Indonesia. Atau jelmaan kembali dr Sutomo kah? Yang kebetulan tepat di bulan Mei 101 tahun yang lalu bersama teman-temannya di fakultas kedokteran mencetuskan lahirnya Budi Utomo, yang oleh sebagian orang dianggap sebagai tonggak kebangkitan nasional.

……………………

“Alahh, iklaannn…. Ngapain dipikirin?” cetus salah seorang teman, sewaktu saya memaparkan keingintahuan saya tersebut.

Tapi kalaupun iklan, kira-kira iklan apa?” ucap saya lagi.

Biasalah, paling-paling iklan rokok….” jawab teman saya malas-malasan.

”Kalo iklan rokok, kenapa di tivi munculnya pas jam tayang pagi siang sore? Bukannya iklan rokok dibatasi jam tayangnya?” tolak saya.

Teman saya tadi hanya tersenyum tipis. Kayaknya gak nafsu tuk menanggapi. Ah, nggak asik, ente gak responsif, tuding saya dalam hati.

Saya memang menjadi semakin tertarik, terlebih bila menyimak iklannya di layar kaca.

”Cowok itu beda dengan pria, kalau cowok hanya mentingkan tubuh, penampilan.. Beda dengan pria… ” ucap salah seorang pemeran laki-laki. ”Saya nyarinya pria, bukan cowok” lagi, ucap dari pemeran iklan yang wanita. ”3M, Matang, Menarik, dan Mapan” paparnya kemudian menegaskan ciri-ciri yang membedakan antara cowok dengan pria.

Ya ya ya….. cukup setuju, sahut alam pikir saya.

Dan saya terus menantikan kehadiran tanggal 1 Mei itu……

Hingga akhirnya…

Siang 1 Mei 2009, di tempat yang itu-itu juga, namun baliho yang baru telah terpasang…. ”Butuh lebih dari sebuah petualangan untuk menjadi seorang pria”….. Apa maksudnya? Pikir saya… namun tak sampai sedetik kemudian, mata saya tertuju ke logo yang ada di bawahnya…. dan akhirnya saya hanya bisa menelan pahit liur…

”Gudang Garam International!!”

BBahhh……!

***

Saya harap anda setuju dengan saya. Bahwa di dunia periklanan, kelompok iklan yang paling nggak nyambung adalah golongan iklan rokok. Apa hubungannya coba?

Misalnya Sampoerna Hijau yang menggambarkan semangat kebersamaan dan persahabatan… gak ada loe gak rame…. apa hubungannya antara merokok dengan persahabatan dan kebersamaan. Secara tersirat seakan-akan produsen ingin menginformasikan rokok produk mereka berkorelasi dengan kebersamaan. Ini adalah sebuah pembodohan, dengan tersirat dikatakan bila anda ingin menjalin persahabatan yang erat, rokok kami jawabannya….

Satu geng dengan Sampoerna Hijau adalah Sampoerna A Mild. Rokok ini dengan gagahnya sering bicara tentang politik, permasalahan sosial dengan berbagai sindirannya. Gak salah memang? Ini bagus. Tapi mengingat yang bicara adalah produsen rokok, maka yang ada di benak saya malah keprihatinan…. bukannya rokok juga adalah masalah sosial yang harus ditanggulangi?

Atau star mild yang dulu terkenal dengan motto…. bikin hidup lebih hidup…… Heiii! Bukankah merokok malah menggerogoti kehidupan anda?

Atau dengan bunyi iklan: Tunjukin obsesi loe…… maafkan saya, menurut saya rokok bertolak belakang dengan obsesi dan prestasi…

Beda lagi dengan Djarum yang seringkali menampilkan iklan yang humanis. Saling tolong menolong dan sebagainya….. hmmmmhh

Atau Marlboro yang menggambarkan gambaran iklan-iklan petualangan…. penuh kejantanan dan keberanian…

Setali tiga wang dengan Dji Sam Soe yang di beberapa iklannya menunjukkan mental baja, kekuatan….

Lain lagi Djarum coklat dengan irama yang merdu dinyanyikan Nidji ”Djarum coklat… saat tepat… saat melepas gundah hatiii…”

Mas Giring, melepas gundah hati dengan tepat, caranya dengan merokok??

Dan saya yakin semua orang juga tahu, sebagaimana yang juga dituliskan selalu di bawah iklan dengan tulisan yang kecil-kecil atau bila di tivi di akhir iklan dengan tulisan mini dan waktu yang begitu singkat: Peringatan Pemerintah: rokok dapat menyebabkan kanker bla bla bla…..

Semua orang sudah tahu… rokok itu bikin orang sakit, bukan bikin orang jadi sehat dan kuat. Semua orang juga tahu…. rokok itu bikin orang melarat…. yang kaya mah tukang bikin rokoknya. Semua orang tahu, kalau rokok itu racun yang bikin ketagihan…. bukan sebaliknya menciptakan obsesi dan prestasi….. Semua orang tahu rokok bukannya bikin kebersamaan…. namun mengganggu malah membahayakan orang-orang di sekitarnya…… semua orang tahu…

Jadi….?

Untuk para penggiat rokok, saya harap anda tidak sakit hati… toh anda sendiri juga tahu tentang semua itu……

***

Maka kali ini di tepi jalan itu saya terpana. Memori saya me­recall bunyi iklan sebelumnya yang dikoar-koarkan: Nantikan kehadiran sosok seorang pria……..

Batin saya bergumam, Jadi…….untuk menjadi seorang pria sejati kita harus terlebih dahulu menjadi seorang perokok???

8 Komentar

  1. Ya gue sih setuju bgt dgn kamu….untuk menjadi sesosok pria sejati dan pemberani tidak dengan merokok tapi adalah dengan berani menunjukkan dirinya siapa, dalam arti kita harus berani menunjukkan identitas kita gimana, menunjukkan segala kemampuan kita, dan tentunya harus penuh percaya diri untuk menunjukkan kemampuan kita tersebut kepada banyak orang serta selalu berpegang pada prinsip “SAYA HARUS BISA” dan “SAYA TIDAK BOLEH MENYERAH SEBELUM BERPERANG”, dalam arti sesuatu hal yang mau kita lakukan harus kita buktikan dan lakukan dengan penuh semangat dan percaya diri, serta jangan menyerah sebelum melakukannya. Masih mending kalah daripada tidak pernah mencoba sama sekali. Satu pesan dari gue untuk para pemula yang ingin menunjukkan siapa dirinya sebenarnya tapi takut gagal, “Belajarlah dari pengalaman dan jangan takut gagal karena gagal itu merupakan sukses yang tertunda”. OK Bro………..
    CHRISTIAN.

    • sepakat….

  2. Banci aza mrkok jd 4 be a man ga prlu mrkok dunk,y kan..

    • ya ya ya

  3. saya setuju bgt dengan pendapat d atas. iklan rokok adalah PEMBODOHAN MASSAL.

    • mudah-mudahan saya dan anda tidak termasuk ke dalam golongan ‘massal’ itu

  4. Okeeee….
    SetuJU banGet …Lagian AsaP rOkok TuCh bikin BengeK saia ……
    TruZZzKan KAMpANye Anti ROKOKnya pa Dokter.

  5. ambil positifnya aja kk,iklan rokok IDE nya gila2.. brilian… penuh konsep,simpe.. terkesan ngak jelas tp.. jika anda mempunya jika seni dan daya pandang luas memeberikan arti yg luas…
    ya 1 lagi positifnya rokok sering bikin event2 gede dan doyan jadi sponsor acara2 gw wkwkwkw.. sisanya bisa dinilai de ^_^


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

