AFFIRMASI

“For true success ask yourself these four questions: Why? Why not? Why not me? Why not now?”
Jimmy Dean

Pernahkah anda berbicara sendiri dalam hati?
Menurut penelitian, secara umum orang melakukan self-talk 65.000 kata per hari. Dan kalau Anda mempercayai penelitian, 77 % dari self-talk tersebut adalah self talk negatif! Ternyata kebanyakan orang dilahirkan lebih banyak mengeluh dan berkata negatif tentang dirinya!
Mengeluh layaknya rayap yang menggerogoti kehidupan anda. Dia adalah tembok besar yang menghalangi antara anda dan kesuksesan anda.
Maka bila mengeluh merupakan self talk negative. Affirmasi adalah antonimnya, inilah bentuk self talk positif.
Affirmasi merupakan pernyataan positif yang diucapkan berulang-ulang agar menjadi bagian dalam diri seseorang sesuai keinginan. Affirmasi ini dapat meliputi pola pikir, perasaan maupun perilaku.

”Aku bisa!” pekikkan kata-kata itu dengan sepenuh hati anda. Maka sungguh, itu akan menjadi obat paling mujarab bagi anda.
Anda ingin menjadi penulis, sementara anda sebenarnya tidak merasa memiliki kemampuan sama sekali dalam bidang tulis-menulis. Maka katakan pada diri anda: aku bisa! Lalu mulailah mengayunkan pena anda.
Anda diminta menjadi pembicara di sebuah acara dimana di sana dihadiri oleh para tokoh-tokoh masyarakat ternama. Saat itu anda begitu gugup. Anda sebelumnya belum pernah tampil di tengah khalayak ramai. Katakan pada diri anda, ”Aku bisa!” maka bismillah, langkahkan kaki anda dengan mantap ke arah podium.
Seminggu lagi, tugas penelitian yang dibebankan kepada anda harus terselesaikan. Ini adalah syarat agar bisa lulus ujian. Waktunya terlalu sempit, sementara bahan yang harus dikerjakan masih begitu bertumpuk. Saat itu… pekikkan berulang-ulang dari dalam hati anda… ”Aku bisa! Aku bisa!” lalu mulailah bekerja.

Affirmasi, inilah motivasi yang paling baik. Motivasi yang berasal dari anda sendiri. Bukan dari kalimat orang lain. Karena sekali lagi, bukan orang lain, bukan lingkungan…. namun andalah pengendali utama kehidupan anda.

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s