Wa ilaa rabbika farghab

Melanjutkan pembahasan tentang surah alInsyirah sebelumnya. Setelah perintah Allah agar umatnya senantiasa tak pantang menyerah dalam berusaha. Sesungguhnya kemudian Allah menutup surah tadi dengan ayat pamungkas

Wa ilaa rabbika farghab

”dan kepada Rabb-mulah kamu berharap”

Berusahalah sepenuh tenaga anda, namun percayalah bahwa ada Allah yang membersamaimu. Kepada Dialah anda meletakkan harapan-harapan anda. Bukan kepada yang lain.
Hasil akhir yang bernama realita yang anda impi-impikan selama ini bukan dipegang oleh anda, bukan juga oleh teman anda, bukan oleh pesaing anda, bukan pula oleh atasan anda. Realita digenggam oleh Dzat yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Dialah Allah.
Maka persis seperti anak kecil yang tahu benar bahwa uang jajannya ada di tangan ibunya, maka harapannya bersandar sepenuhnya pada ibunya tersebut.
Begitu pula manusia, saat tahu segala sesuatunya berada dalam genggaman Rabb-nya, maka tiada tempat berharap lain…. harapannya adalah semata kepada Rabb tersebut.

Inilah yang dinamakan sebagai tawakkal. Sebuah kepasrahan hati secara bulat pada Allah terhadap kemaslahatan yang ingin diraih serta mudharat yang ingin dihindari, baik dalam masalah dunia maupun akhirat.
Dan inilah tawakkal. Saya tak ingin membebani anda dengan berbagai definisi harfiah dan syar’iyyah dari para ulama terhadap kata sakral ini. Namun, setidaknya agar anda memahami bagaimana tawakkal tersebut, rasanya cukup diwakili oleh jawaban dari Imam Ghazali berikut ini.
“Keadaan orang yang bertawakkal pada Allah adalah seperti keadaan bayi dengan ibunya. Bayi tidak pernah mengetahui yang lain, serta tidak pernah menyerahkan urusannya kecuali pada ibunya. Ibulah orang yang pertama kali dia bayangkan ketika dia membayangkan yang lain….”

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s