YANG TUA YANG BERPRESTASI

Sahabat, sindroma rantai usia ini sebenarnya tidak hanya milik kaum muda saja. Seperti tak mau kalah dengan para pemuda, para orangtua juga seringkali memakai dalih yang sama.
”Ah, sudah tua begini masa masih harus bekerja yang begituan. Kan masih banyak yang muda-muda…”
”Kayaknya aku sudah ketuaan buat belajar…”
Hmmm…
Mari sejenak kita simak sebuah cerita nyata dari salah seorang ulama salaf. Nama beliau adalah Ibnu Hajar alAtsqalani.
Percayakah anda kalau kisah kesuksesannya bermula dari sebuah batu?
Jadi saat itu umur Ibnu Hajar telah menginjak usia kepala empat. Satu hari dia berjalan dengan begitu gontai. Penat begitu melingkupi tubuhnya. Dia telah dikeluarkan oleh Dewan Gurunya dari perguruannya karena nalarnya dianggap tidak sanggup mengikuti pelajaran. Dia, yang sejak kecil telah berusaha mempelajari bahasa Arab namun hingga usianya yang menginjak 40 ini dia tidak pula memahami bahasa Arab sebagai syarat untuk meneruskan pelajarannya.
Dalam pengutukan atas kebebalannya itu dia akhirnya beristirahat di sebuah gua. Saat itu matanya tidak sengaja tertuju ke arah sebuah batu yang ditetesi oleh air. Matanya kemudian berbinar kagum, saat dia menyaksikan batu tersebut berlubang di tengahnya, tepat di tempat air tersebut menetes.
Sahabat, seketika dia amati tetesan itu. Hanya tetesan kecil, yang tidak akan sakit bila jatuh menimpa telapak tangannya. Namun kekonsistenan tetes mungil itu jatuh di atas batu keras tadi mampu membuat sebuah lubang di tengahnya.
Maka bangkitlah alAtsqalani kembali. Dia mengurungkan niatnya untuk pulang dan memilih jalan kembali ke perguruannya. Dengan semangat baru, dalam usia 40 tahun dia kembali memulai belajar. Beliau bukan hanya menjadi terampil dalam Bahasa Arab. Bahkan lebih dari itu, beliau menjelma menjadi sosok ulama terkenal yang namanya dikenang hingga saat ini. Di sisa hidupnya, beliau produktif menulis banyak karya. Beberapa yang sangat terkenal adalah kitab Fathul Bari yang menjadi rujukan sebagai kitab syarah dari Shahih Bukhari serta kitab Bulughul Marom min Adillatil Ahkam. Tebak berapa jumlah kitab yang ditulisnya kemudian dalam 15 tahun sisa hidupnya? bila dihitung-hitung total kitab yang dihasilkannya sampai berjumlah 282 buah!
Menakjubkan..
Peristiwa yang mengubah dirinya itu kemudian beliau abadikan menjadi namanya…. Ibnu Hajar, artinya… anak batu!
Ibnu Hajar AlAtsqalani.. beliau tak segan merintis kesuksesan di usia yang terbilang tua.

Atau pernahkah anda mendengar nama Kolonel Harland Sanders? Sebagian mungkin ada yang asing dengan nama tersebut. Tapi saya yakin anda tidak asing dengan wajahnya. Anda sudah sangat sering melihat wajahnya yang tua terpampang di pinggir-pinggir jalan. Wajahnya tersenyum sumringah di depan restoran waralaba sangat terkenal di dunia: Kentucky Fried Chicken. Yap, tidak salah. Dialah sang pendiri restoran yang dapat kita temui di hampir di seluruh kota besar di seluruh negara di dunia.
Pertanyaan menggelitik, siapakah Kolonel Harland Sanders si penemu resep lezat KFC tersebut? Dia hanyalah seorang pensiunan angkatan darat dari negara adidaya yang tidak memiliki uang sepeser pun kecuali dari tunjangan hari tuanya, yang semakin menipis. Satu-satunya keahlian yang dimiliki yang bisa dibanggakannya ialah memasak, maka hal itulah yang ditekuninya hingga dia sukses menjadi pemilik restoran kelas dunia.
Pada umur berapakah Kolonel Sanders ini memulai usahanya? Sekali lagi kita mesti terkagum-kagum akan semangatnya. Dia, ternyata baru memulainya di usia yang sangat senja yakni 65 tahun!

Sahabat, sehingga sudah sepantasnya belenggu usia yang merantai kita tersebut dicampakkan jauh-jauh. Karena dalam meraih mimpi kita tak mengenal istilah usia… Tenang, kompetisi meraih prestasi tidak dibatasi seperti peringatan yang sering tertulis di awal film: hanya untuk 17 tahun ke atas. Kompetisi ini Untuk Semua Umur!!

“You are never too old to set another goal or to dream a new dream.”
Les Brown

Iklan

2 Komentar

  1. it’s good motivation. Thanks…ijin share ya.

    • monggo..


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s