MENDOBRAK BATAS

Apa pendapat anda bila ada sebuah perusahaan yang melakukan promosi sebuah produk dengan cara menjelek-jelekkan produknya?

Atau pernahkah anda mendengar orang yang jualan sandal yang hanya menjual sandal sebelah kirinya saja? Namun bila membeli sebelah kiri dia akan mendapatkan bonus sandal sebelah kanan. Gratis! Dengan hanya harga sebelah sandal saja.

Tak usah heran, karena yang melakukan hal itu memang terkenal sebagai si pendobrak batas kewajaran. Dia adalah Joseph Teodhorus Wulianadi. Pemimpin perusahaan konveksi. Produknya yang eksklusif hanya ada di Bali, membuat orang terpaksa harus terlebih dahulu datang ke pulau dewata itu bila mau mendapatkan produknya. Tepat, dialah sang empunya merek terkenal produk konveksi: Joger.

Ketika pakem di masyarakat, kalau promosi ya mesti menonjolkan kelebihan-kelebihan sang produk, si Mr Joger ini malah keluar dari batas kewajaran. Dia jualan malah dengan berpromosi: Joger jelek, Joger jelek…. siapa mau? Lucunya malah banyak orang tertarik.
Kemudian ketika dia membaca tentang 7000 karyawan pabrik sandal yang di PHK, lalu salah seorang diantara mereka menemui dan meminta Joger menolong mereka dalam memasarkan sandal itu. Mr Joger bilang dia hanya akan menjual sandal yang tidak biasa. Maka akhirnya Mr Joger menjual sandal mereka itu dengan metode nyeleneh, seperti yang dituturkan di atas.

Ah, orang mana bisa dikibulin seperti itu…. Produknya kan biasa-biasa saja…. harganya juga sebenarnya sama. Cuma kata-kata penjualannya saja yang dirubah… mungkin terlintas seperti itu di pikiran kalian.
Tapi saya menyesal mengatakan bahwa pikiran anda salah besar. Justru sandal tersebut jadi laku keras. Bahkan, saat ini pabrik yang awalnya hampir bangkrut itu sudah kewalahan. Sempat ada kekosongan di Bali karena orang merasa wajib membeli yang beginian.

”Di Joger ada kebebasan untuk melanggar aturan asalkan demi konsumen.” tutur Mr Joger. ”Dan tahukah anda semenjak 1987 Joger tidak lagi Profit Oriented tetapi Happiness Oriented” lanjutnya bangga.
Sekarang, bila orang ke Bali akan mengkhususkan ke Joger karena orang tahu di sana adalah tempat lahirnya ide-ide baru.

Keberanian mendobrak batas-batas pakem yang ada…. justru itulah kunci kesuksesannya.

Iklan

2 Komentar

  1. Ta memang terkadang suatu system baru berkesan mendobrak batas.. Joger membuktikan salah satu strategi pasar yang hebat. Salut.

    • Berkaca dari joger…. jangan malu membuat sesuatu yang baru.. biar aneh sekalipun….


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s