PUTUS ASA DAN PERANGKAP-PERANGKAP SYAITAN

Suatu ketika diceritakan syaitan sedang menggelar pameran di galerinya. Pameran yang bertajuk ’perangkap-perangkap syaitan’ itu bertujuan untuk memamerkan berbagai macam peralatan yang biasa dipakai oleh para syaitan untuk menyesatkan manusia. Di galeri ini dipajang semuanya, mulai dari perlatan yang bernama ‘dendam’, ‘iri dengki’, ‘malas’, ’dusta’, ’sombong’, dan lain sebagainya. Semuanya tergolong unik-unik dan memikat hati para pengunjung.
Nah, di salah satu pojok galeri tampak sebuah barang yang tergolong sederhana, bahkan sudah kusam. Sangat kontras dengan barang-barang pameran lain yang terlihat mewah dan memikat.
Salah seorang pengunjung bertanya kepada syaitan yang jadi pemandu. ”Kenapa barang ini begitu berbeda?”
”Oh…” seru syaitan. ”Barang ini memang tidak semewah barang kami yang lain. Tapi jangan salah, justru ini adalah salah satu perangkat andalan kami. Kalian, para manusia seringkali terjebak mengambil barang ini, meskipun kalian tahu kalau barang ini bukan barang yang bagus. Menyenangkannya, banyak diantara kalian yang tidak paham kalau barang ini adalah perangkap dari kami juga… hehehe….”
”Wah..wah.. wah….” para pengunjung pun berdecak kagum.
”Boleh kami tahu, apa nama barang ini?” tanya salah seorang pengunjung lagi.
”Kami menamakannya ’Putus Asa’…” Jawab syaitan seraya tersenyum bangga.
………………………………………..

Tentu saja cerita di atas hanyalah fiktif belaka. Anda tak bakal menemukan cerita di atas di hadits riwayat imam yang manapun, apalagi di dalam AlQur’an.
Namun, ada sebuah intisari menarik yang dapat kita ambil. Bahwa ternyata banyak di antara kita yang tanpa sadar telah terjebak dengan barang bernama ’putus asa’ itu. Meski, seperti yang dijelaskan oleh syaitan pemandu, barang bernama putus asa ini sebenarnya sama sekali tidak menarik. Barang ini, tidak seperti misalnya zina yang berhiaskan kepuasan yang menyenangkan, atau harta yang diliputi dengan hiasan-hiasan memikat. Juga tidak semenggiurkan kesombongan, dendam atau dusta yang dapat menyesatkan bagi para penggunanya. Putus asa, bahkan para pengguna aplikasi ini paham betul bahwa aplikasi ini sama sekali tidak berguna, tidak ada kenikmatan sama sekali dalam penggunaannya. Bahkan hasil akhir dari penggunaan barang ini sudah diketahui oleh penggunanya sejak awal: kekalahan dan penderitaan.
Tapi itulah uniknya…. biar bagaimanapun jeleknya, barang ini tetap saja laku. Putus asa bahkan menjadi salah satu komoditas andalan syaitan dalam menggoda manusia

Iklan

1 Komentar

  1. subhanallah


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s