YANG SUKSES, YANG GILA

Ada kisah menarik yang saya dapat dari sebuah majalah mini beberapa tahun lalu
Ceritanya begini, pada tahun 1978, para insinyur dari SONY mencoba merancang perekam kaset yang kecil dan bisa dibawa. Mereka gagal, dan hanya menghasilkan tape kecil yang tidak dapat merekam. Mereka menyerah dan menggunakan mesin tak berguna itu untuk memainkan musik sambil mengerjakan proyek lain.
Adalah Masaru Ibuka, seorang ketua honorer SONY suatu ketika mendatangi tempat kerja itu dan memperhatikan para insinyur yang sedang mendengarkan mesin gagal tersebut. Dia kemudian ingat sebuah proyek lain yang tak berkaitan yang sedang dikerjakan di tempat lain, dimana seorang insinyur mengembangkan headphone ringan dan mudah dibawa. ”Bagaimana jika tape kecil yang tidak dapat merekam itu dikombinasikan dengan headphone?” pikirnya
Gila! Pikir teman-temannya, mana ada yang menginginkan tape tanpa speaker dan tanpa perekam? Buat apa?
Tapi SONY akhirnya mau juga menerima idenya, walaupun dengan setengah hati. Grup pemasaran hanya menganggarkan biaya yang sangat sedikit untuk periklanan.
Tapi apa yang terjadi kemudian sungguh mengejutkan. Dari ide yang dinilai gila ini ternyata penjualannya justru sangat meledak. Hampir semua kalangan kemudian menggandrungi produk ’gila’ ini. Dunia kemudian menjuluki produk ini dengan nama ’walkman’.

Hal gila yang sama juga pernah dilakukan oleh Ernest Hamwi. Suatu ketika dia mencoba menjual wafel persia setipis kertas pada pasaraya dunia tahun 1905. Sayangnya, produknya kurang laku dibandingkan gerai es krim di sebelahnya. Suatu ketika gerai es krim itu saking lakunya sampai kehabisan piring. Maka saat itu juga Hamwi datang membawa beberapa wafel panas. Dia kemudian membuat wafel itu menjadi kerucut, mendinginkannya dan menyajikan es krim di bagian atasnya.
Ide gila!? Tapi buktinya sekarang seluruh dunia meniru bentuk es krim hasil ide si Hamwi tersebut.

Kesimpulannya, ternyata kreativitas dan gila bagaikan saudara kembar yang sangat sulit dibedakan…… Kreatif saja tak cukup… anda juga harus gila!!

Iklan

4 Komentar

  1. Untung gw dah gila. . . .tinggal nyari kreativ na ja. . . . Hehehe.
    Saluuuuttt

  2. hehehe…gokil juga…

    makasih….

  3. ha…ha keren .. jadi semangat gomawho

  4. keren n!h .. tambah cemungut


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s