JAM APLUSAN

Tahu istilah aplusan kan? Itu, saat-saat pergantian jaga dari orang yang satu ke yang lain. Konon, jam ini adalah jam-jam yang paling membahagiakan. Dimana sang penjaga sebelumnya alias pengaplus bisa melepas semua beban dan dengan semena-mena menyerahkannya ke orang yang diaplusi. Nah, di rumah sakit jam aplusan biasanya adalah jam yang paling dinanti menit ke detiknya. Bukan hanya dokter, koass, atau perawat. Tapi seluruh organ di rumah sakit nampaknya melakukan aplusan tersebut. Maka ramailah rumah sakit dengan peristiwa aplusan.

Dokter IGD A: oke, saya tinggal ya… semua pasien sudah beres kecuali tiga. Satu di bagian anak, tinggal rehidrasi cairan, satu yang jantung, rencana mau naik ICCU kalau ada bed yang kosong, satunya itu hati-hati, sudah kritis.
Dokter IGD B: sip, dok…

Tim perawat IGD A: kebiasaan, aplusan selalu telat! Itu…. monitor terus, terutama pasien yang sudah kritis di sana. Nanti jangan lupa cek bed di iccu kalau ada yang kosong langsung naikkan!
Tim perawat IGD B: ya ya ya…

Sementara itu di ruangan ICU/ICCU
Dokter ICU/ICCU A : aman terkendali… ane cabut ya…
Dokter ICU/ICCU B : sip, nggak ada yang kritis kan?

Tim perawat ICU A: obat sudah pada masuk. Ada pasien dari IGD mau masuk… kami bilangin penuh tadi.. habisnya, kebiasaan mau naikin pasien pas jam aplusan.
Tim perawat ICU B: sip…

Dan tak terkecuali personil-personil RS yang lain
Satpam A: jangan sampai teledor kayak kemarin. Pokoknya di luar jam tamu, tak boleh masuk.. , kecuali keluarga pasien yang kritis di IGD itu…
Satpam B: yup, tinggal aja..

Tukang Parkir A: tolong dibereskan parkiran sebelah timur ya… tadi keluarga pasien nampaknya buru-buru, katanya di IGD keluarganya sudah kritis
Tukang Parkir B: enak aja! Kan jatah elu yang beresin seharusnya.

Portir A: kayaknya ada beberapa yang akan diantar. Satu ke ruang anak, satu ke ICCU, satu kayaknya… ke kamar jenazah…
Portir B: waaaa! Kamar jenazah lagi?!

Penjaga kamar jenazah A: ada satu yang kritis di IGD… tolong disiapkan segala sesuatunya..
Penjaga kamar jenazah B: mobil jenazah sudah dihubungi kan?

Dan tak lupa juga keluarga, tak ketinggalan untuk aplusan..
Tim keluarga A: kalian, pokoknya jangan tinggalkan ayah, bacakan terus yasin…. jangan beranjak dari sini… tampaknya tak berapa lama lagi… kalau ada apa-apa cepat hubungi yang lain ya… kami di sekitar sini aja..
Tim keluarga B: hik.. hik.. ya… kalian juga jangan jauh-jauh…

Dan syaitan…..
Syaitan A: yang itu nampaknya sekarat… goda terus ya….
Syaitan B: Wehehehe…. rebessshh…

Oh, iya… hampir lupa…. koass! Hampir aja ketinggalan… mereka kan perangkat rumah sakit juga.. meski nggak jelas posisinya..
Koass A: kemana aja sih?! Pasien lagi gawat malah telat… mentang-mentang sudah senior… itu di bed sana.. kondisinya sudah kritis…. konsulen juga sudah tahu, keluarga sudah dikomunikasikan dan sudah menerima pasrah… nanti jangan lupa lapor konsulen kalau sudah meninggal.
Koass B: ya ya ya…. nyantai bro… nggak usah marah-marah kayak gitu… prosedurnya seperti biasa kan? Kalem aja….
Koass A: nyantai… nyantai.. habis ini pasti ngelindur…

Dan tatkala semua aplusan sudah selesai… tinggal aplusan malaikat maut…
Malaikat A: ada satu yang akan dicabut hari ini…
Malaikat B: (seraya melhat catatan) hah, nggak salah nih? Bukannya pasien yang sekarat itu yang harusnya dicabut?
Malaikat A: Oh, nggak… pasien yang sekarat itu masih diberi kesempatan hidup… tapi memang ada satu yang harus dicabut malam ini…
Malaikat B: yang mana? Perasaan semuanya kondisinya baik…
Malaikat: bukan.. bukan pasien…. tapi KOASS B !!

12 Komentar

  1. hehehe.. sori…. jangan diambil hati… cuma bercanda… mana ada malaikat aplusan

  2. pengalaman pribadi kh,ada koass yg anumerta

    • hehehe…. belum ada….. yang jelas koass kan dekat banget dengan malaikat maut.. bayangkan kalau sang malaikat salah nyabut.. atau selesai nyabut nyawa pasien meneruskan tugas ke koass di sebelahnya…

      • masa malaikat salah nyabut??? gak mungkiiiiiinn……..

  3. Hehehe…ih, koq mirip ya dengan di sini?kecuali aplusan malaikatnya. tapi klo pas jam aplusan di stase tertentu…hmm…jangan coba-coba telat. bakal ada stase tambahan. stase etika atau stase skorsing…

  4. Bujur jua tuh, utg malaikat kd ky mnusia,pngoler…nyari yg prak2 ja…hehe

  5. Haha..

  6. akin, saya penggemar terberat mu! aku punya abang yang tinggal di banjarbaru. unlam juga. kalo mau cari nama nya muhammad imam mujahidin. oya, cerita nenek sihir juga bagus. nanti kalo mau terbit trias motivatica yang kedua, bilangin abang ku yach!!!!!!

    • imam mujahid mipa ilkom 2010 bukan?

  7. hahaha, membaca di bagian akhir jadi tersenyum..ttg aplusan malaikat maut..😀

  8. Reblogged this on oliesholisah.

  9. Hehehe, bener tuch tentang aplusan… Menunggu saat aplusan bagai 1 menit itu sewindu… Hehehe…


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s